Thursday, November 20, 2008

Lampu Darurat Mobil Menyala di Tiap Perempatan?

Lampu Darurat Mobil Menyala di Tiap Perempatan?

Yaps.. tulisan ini adalah sebuah pertanyaan. Di Gorontalo ini aku sering sekali melihat di setiap perempatan baik yang ada lampu merahnya maupun yang tidak itu hampir setiap mobil ber plat DM itu selalu menyalakan lampu darurat (lampu sein tapi berkedip-kedip dua-duanya). Jadi setiap melewati perempatan selalu menyalakan lampu darurat (lampu HAZARD) ketika dia mau lurus tidak belok kanan maupun kiri.

Hal ini kadang jadi membingungkan saya yang ada dibelakangnya atau disampingnya yang hanya bisa melihat dari satu sisi (seolah-olah mobil itu mau belok kanan atau kiri) eh ternyata mau lurus.

Setahu saya lampu darurat atau lampu HAZARD mungkin dinyalakan hanya pada saat tertentu misalnya konvoi atau iring-iringan kendaraan dalam moment tertentu, atau mobil sedang bermasalah atau mogok. Setahu saya juga dulu waktu tes ujian SIM pernah ada materi tentang kalo mau belok kanan hidupkan lampu sein kekanan begitu pula sebaliknya kalau mau kekiri hidupkan lampu sein tanda kekiri, sedangkan kalo mau lurus ya tidak pakai tanda apa-apa.

Hmm.. jadi bingung saya ama tes pak polisi waktu bikin SIM di Sleman dan Semarang dulu, apa beda ya ujian SIM di Gorontalo ama di Jateng. Jadi pengen tahu nih gimana ujian SIM di Gorontalo sekalian SIM A suamiku habis tanggal 4 Desember 2008 besok.

Atau mungkin aku yang kurang ilmu ya..., kalau ada yang tahu aturannya mohon info ya...Thanks Yach...

2 comments:

Anonymous said...

Di Jakarta juga sering gitu Nda. Dan seperti hal-hal buruk dan salah lainnya, banyak yang lalu ikut-ikutan.
Bener katamu Nda, lampu hazard seharusnya hanya digunakan saat dalam keadaan darurat. Mogok misalnya, supaya ga ditabrak oleh pengendra lain. Memakainya saat konvoi pun sebenarnya tidak tepat. Ini pernah dibahas di acara Otoblitz Metrotv (kalo ga salah).
Masalahnya banyak pengaturan persimpangan di Jakarta yang aneh. Ada perempatan yang jalur berlawanannya hijau bareng. Jadi agar lalu-lintas dari arah berlawanan memperhatikan, banyak yang hidupin lampu hazard.

rosa devga said...

hehhhheheee....no comment deh...coz gak di jkt sih...lam kenal aja ya...