Friday, June 27, 2008

Inikah Demonstrasi Mahasiswa?

Jika kita melihat aksi demonstrasi mahasiswa yang menolak kenaikan bbm didepan gedung DPR dan Universitas Atmajaya Jakarta baru-baru ini rasanya kok ironi ya kalau itu dilakukan oleh mahasiswa. Kok rasanya seperti orang yang tidak berpendidikan, tidak bermoral, tidak punya akal sehat. Apakah tidak ada cara lain yang lebih elegan dan tidak anarkis untuk menyampaikan pendapat dan aspirasi? Mengapa harus ada aksi bakar mobil, merusak pagar, lempar batu, pemukulan? Huuuh… sebagai orang yang pernah jadi mahasiswa rasanya malu sekali melihatnya….

Ketika terjadi sesuatu misalnya mahasiswa terpukul ataupun luka karena bentrok fisik dengan aparat, serta merta mereka berteriak-teriak di media bahwa telah terjadi pelanggaran HAM tapi apakah mereka tidak berfikir bahwa mereka juga telah melanggar HAM? Ada berapa banyak juga aparat yang luka karena bentrok fisik yang umumnya dimulai oleh mahasiswa?

Ahh… rasanya kok aksi mahasiswa sekarang ini seolah-olah seperti anak kecil yang jika tidak dituruti keinginannya akan ngamuk dan ngambek, anak kecil saja tidak pakai aksi bakar mobil, paling-paling nangis, malu deh kok mahasiswa yang notabene sudah dewasa tapi pola pikirnya lebih parah dari anak kecil.

Marilah sebagai mahasiswa belajar berdemokrasi yang beradab, tahu aturan, bukan hanya demokrasi “perut”. Janganlah hanya melihat persoalan itu dari sudut pandangnya saja, tanpa melihat kepentingan orang lain. Jangan mau ditunggangi oleh kepentingan politik maupun pihak-pihak tertentu, berfikirlah sebagai mahasiswa yang mempunya level pendidikan tertinggi dinegara ini.
Semoga kebebasan mengemukakan pendapat dan aspirasi bukan sarana untuk berbuat anarkis dan merugikan orang lain….

No comments: